Aplikasi Teknologi Informasi Komunikasi di bidang pendidikan
Indonesia pernah menggunakan istilah telematika (telematics) untuk arti yang kurang lebih sama dengan TIK yang kita kenal saat ini . Encarta Dictionary mendeskripsikan telematics sebagai telecommunication + informatics (telekomunikasi + informatika) meskipun sebelumnya kata itu bermakna science of data transmission .
Pengolahan informasi dan pendistribusiannya melalui jaringan
telekomunikasi membuka banyak peluang untuk dimanfaatkan di berbagai
bidang kehidupan manusia , termasuk salah satunya bidang pendidikan . Ide
untuk menggunakan mesin-belajar , membuat simulasi proses-proses yang
rumit , animasi proses-proses yang sulit dideskripsikan sangat menarik
minat praktisi pembelajaran . Tambahan lagi , kemungkinan untuk melayani
pembelajaran yang tak terkendala waktu dan tempat juga dapat
difasilitasi oleh TIK . Sejalan dengan itu mulailah bermunculan berbagai
jargon berawalan e , mulai dari e-book , e-learning , e-laboratory , e-education , e-library , dan sebagainya . Awalan e bermakna electronics yang secara implisit dimaknai berdasar teknologi elektronika digital .
Pemanfaatan TIK
dalam pembelajaran di Indonesia telah memiliki sejarah yang cukup
panjang . Inisiatif menyelenggarakan siaran radio pendidikan dan televisi
pendidikan merupakan upaya melakukan penyebaran informasi ke
satuan-satuan pendidikan yang tersebar di seluruh nusantara .
Hal ini adalah wujud dari kesadaran untuk mengoptimalkan pendayagunaan
teknologi dalam membantu proses pembelajaran masyarakat . Kelemahan utama
siaran radio maupun televisi pendidikan adalah tidak adanya feedback
yang seketika . Siaran bersifat searah yaitu dari narasumber atau
fasilitator kepada pembelajar . Introduksi komputer dengan kemampuannya
mengolah dan menyajikan tayangan multimedia (teks , grafis , gambar ,
suara , dan gambar bergerak) memberikan peluang baru untuk mengatasi
kelemahan yang tidak dimiliki siaran radio dan televisi. Bila televisi
hanya mampu memberikan informasi searah (terlebih jika materi
tayangannya adalah materi hasil rekaman) , pembelajaran berbasis
teknologi internet memberikan peluang berinteraksi baik secara sinkron (real time) maupun asinkron (delayed) .
Pembelajaran berbasis Internet
memungkinkan terjadinya pembelajaran secara sinkron dengan keunggulan
utama bahwa pembelajar maupun fasilitator tidak harus berada di satu
tempat yang sama . Pemanfaatan teknologi video conference
yang dijalankan dengan menggunakan teknologi Internet memungkinkan
pembelajar berada di mana saja sepanjang terhubung ke jaringan komputer .
Selain aplikasi unggulan seperti itu, beberapa peluang lain yang lebih
sederhana dan lebih murah juga dapat dikembangkan sejalan dengan
kemajuan TIK saat ini .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar