Sabtu, 05 Oktober 2013

Pengertian Teknologi Informasi

Untuk mengetahui pengertian teknologi informasi terlebih dahulu kita harus mengerti pengertian dari teknologi dan informasi itu sendiri . Berikut ini pengertian teknologi dan informasi :

Teknologi adalah pengembangan dan aplikasi dari alat , mesin , material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya .

Informasi adalah hasil pemrosesan , manipulasi dan pengorganisasian atau penataan dari sekelompok data yang mempunyai nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya .

Pengertian teknologi informasi menurut beberapa ahli teknologi informasi : 
  1. Teknologi Informasi adalah studi atau peralatan elektronika , terutama komputer , untuk menyimpan , menganalisa , dan mendistribusikan informasi apa saja , termasuk kata-kata , bilangan , dan gambar (kamus Oxford, 1995) .
  2. Teknologi Informasi  adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melaksanakan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi (Haag & Keen, 1996) .
  3. Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (software & hardware) yang digunakan untuk memproses atau menyimpan informasi , melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi (Martin, 1999) .
  4. Teknologi Informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis (Lucas, 2000) .
  5. Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video (William & Sawyer, 2003) .
Secara implisit dan eksplisit IT tidak sekedar berupa teknologi komputer, tetapi juga mencakup teknologi komunikasi.Dengan kata lain , yang disebut Teknologi Informasi adalah gabungan antara Teknologi Komputer dan Teknologi Telekomunikasi .

Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data , termasuk memproses , mendapatkan , menyusun , menyimpan , memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas . yaitu informasi yang relevan , akurat dan tepat waktu , yang digunakan untuk keperluan pribadi , bisnis , dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan .

Teknologi yang memanfaatkan komputer sebagai perangkat utama untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar