Pendahuluan
Perdagangan melalui jaringan elektronik sebagai penggunaan komputer untuk memudahkan semua operasi perusahaan. Banyak
operasi itu bersifat internal,dilakukan dalam perusahaan oleh bidang
fungsional keuangan, manufaktur, pemasaran, SDM dan jasa
informasi.Beberapa operasi lain mencakup hubungan perusahaan dengan
kedelapan elemen lingkungan(Pemasok,
Pelanggan, Serikat Pekerja, Masyarakat/Lembaga Keuangan, Pesaing,
Pemegang saham atau Pemilik, Pemerintah, dan Masyarakat global). Teknologi
yang dipakai yaitu teknologi yang memakai jasa internet, perusahaan
yang memakai jasa internet, untuk melakukan perdagangan yang khususnya
dalam bidang elektronik.
Pembahasan
”Menurut
Raymond Mcleod [Sistem Informasi Manajemen, 2001, 72] Komunikasi data
adalah bidang komputasi yang sedang mendapatkan perhatian penting
besar, dengan internet dalam sorotan. Internet membuka
berbagai peluang baru dihampir semua perusahaan-perusahaan yang ingin
membangun sistem antar organisasi dengan menggunakan EDI, beberapa
teknologi juga dapat dipertimbangkan.”
Perdagangan melalui Jaringan Elektronik
Transaksi bisnis yang menggunakan akses jaringan, sistem berbasis komputer, dan jaringan internet.
Perdagangan melalui Jaringan Elektronik ada 2 jenis :
1. Business-to-Customer (B2C)
Perdagangan
melalui jaringan elektronik yang berkenaan dengan transaksi antara
sebuah perusahaan dengan pemakai akhir dari produk.
Strategi Business to Customer (B2C) melalui Jaringan Elektronik
Produk
Digital, Produk dan jasa tertentu dapat dikirim kepada konsumen
langsung melalui internet. Contoh produk digital seperti lagu,
film, perangkat lunak. Produk dan jasa dapat langsung dikonsumsi
setelah didownload.
Produk
Fisik, Produk dan jasa tertentu yang tidak dapat langsung
dikonsumsi melalui internet, tetapi harus dikirimkan kepada
konsumen. Order penjualan dan pembayaran dapat diterima melaui
internet, setelah itu dilakukan pengiriman kepada pembeli.
Virtual
kontra Penjualan Hybrid, Penjual Virtual adalah penjualan yang
dilakukan oleh perusahaan yang tidak memiliki toko secara fisik.
Penjual Hybrid adalah penjualan yang dilakukan perusahaan yang
memiliki toko secara fisik dan juga memiki halaman Web untuk
melakukan penjualan.
2. Business-to-Business (B2B)
Perdagangan melalui jaringan elektronik yang berkenaan dengan transaksi antara perusahaan-perusahaan yang tidak melibatkan pemakai akhir.
Tiga teknologi perdagangan melalui jaringan elektronik
· Sambungan Langsung (direct connectivity), bekerja sama dengan penyedia jasa telekomunikasi.
· Jaringan
Bernilai Tambah ( value-added network), jaringan ini disediakan oleh
penjual yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan
banyak jasa yang diperlukan untuk menggunakan sirkuit itu bagi EDI.
· Internet,
memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanya
menghubungkan para mitra dagang tetapi juga mencakup para pelanggan.
Manfaat dari perdagangan melalui jaringan elektronik :
• Pelayanan pelanggan yang lebih baik
• Hubungan dengan pemsok dan masyarakat keuangan yang lebih baik
• Pengembalian atas investasi pemegang saham, dan pemilik yang meningkat
Kendala dari perdagangan melalui jaringan elektronik :
• Biaya Tinggi
• Masalah Keamanan
• Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia
Jalan Menuju Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
• Mengumpulkan intelijen bisnis
Aktifitas
mengumpulkan informasi tentang elemen-elemen dalam lingkungan yang
berinteraksi dengan perusahaan. Tugas-tugas intelijen dasar yaitu Mengumpulkan Data, Mengevaluasi Data, Menganalisa Data, Menyimpan Intelijen dan Menyebarkan Intelijen
• Membentuk suatu sistem antar-organisasi (IOS)
Suatu kombinasi perusahaan-perusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai satu sistem tunggal. Mitra Dagang atau Mitra Bisnis adalah perusahaan-perusahaan yang membentuk IOS.
Keuntungan Bagi Konsumen
Efektif.
Konsumen dapat memperoleh informasi tentang produk atau jasa yang
dibutuhkan dan bertransaksi dengan cara cepat dan murah.
Aman
secara fisik. Konsumen tidak perlu mendatangi toko tempat
perusahaan menjajakan barangnya dan ini memungkinkan konsumen dapat
bertransaksi dengan aman sebab didaerah-daerah tertentu mungkin
sangat berbahaya jika berkendaraan dan membawa uang tunai dalam
jumlah yang sangat besar.
Fleksibel.
Konsumen dapat melakukan transaksi dari berbagai lokasi, baik
dari rumah, kantor, warnet atau tempat lainnya.
Keuntungan Bagi Masyarakat Umum
Mengurangi Polusi dan Pencemaran Lingkungan.
Membuka Peluang Kerja Baru.
Menguntungkan Dunia Akademis.
Meningkatkan Kualitas Sumber daya Manusia.
Kesimpulan
Perdagangan
melaului jaringan elektronik ialah sebagai penggunaan komputer untuk
memudahkan semua operasi bisnis dasar perusahaan. Jaringan elektronik
tersebut dimanfaatkan oleh perusahaan untuk memasarkan produk, barang
dan jasa.
Saran
Meningkatkan kualitas SDM untuk melakukan perdagangan melalui jaringan elektronik agar metode ini berjalan dengan baik. Sehingga proses jual beli ini juga harus tidak luput dari sisi edukasi bagi kedua belah pihak. Dan meningkatkan kualitas keamanannya. Karena internet
memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanya
menghubungkan para mitra dagang tetapi juga mencakup para pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar